Sedekah menjauhkan musibah... By : Dinar Apriyanto

Selepas sholat maghrib berjamaah di sebuah masjid besar yang selalu bikin kangen di ujung Kota yogyakarta. Saya melanjutkan perjalanan menuju kota asal. Karena harus sampai sebelum jam delapan malam untuk siaran Radio. Maka kendaraan saya buat berjalan lumayan kencang daripada biasanya. Tak biasanya saya memilih jalan yang saya lalui malam itu, karena saya pikir jalan ‘baru’ itu bakalan lebih mempersingkat waktu tempuh saya.

Sesampai di jalan layang, kecepatanpun saya tambah karena jalan lumayan sepi dan lancar...beberapa kilometer di depan juga tak tampak kendaraan padat.Dan lengkap sudah alasan saya melaju dengan kencang di jalan malam itu, karena bangjo yang biasanya hampir menahan selama 100 detik itu sedang menyala hijau. Maka semakin saya tambah kecepatannya.

Di ujung jalan layang...sesaat tampak mobil mendadak memadat dan mobil tepat di depan saya berhenti mendadak...sayapun kaget dan langsung belok ke kiri..mobil yang tepat berada di belakang saya akhirnya menabrak mobil depan saya tadi, diikuti mobil belakangnya lagi, dan ketika saya berjalan beberapa meter bunyi decit rem dan tabrakan semakin terdengar cukup hebat, dan dari spion kanan saya perhatikan..ada pengendara motor yang tersungkur di jalan...

Saya gak tahu harus bersyukur atau bagaimana? Karena kalau saya bersyukur, ada beberapa korban dalam kecelakaan kemarin malam...Sampai di rumah, saya renungkan musibah tadi, hingga saya menemukan sebuah referensi tentang “Sedekah menjauhkan musibah”...

Orang yang bersedekah tidak akan tertimpa bencana, meskipun sejatinya bencana tersebut menimoanya, karena bencana tidak menimpa sedekah. Sedekah merupakan penghalang dari mara bahaya, mengangkat bencana atau pun sakit yang tengah melanda. Itu semua sudah ditunjukkan oleh nash dan sudah terbukti pada realitas. Nabi bersabda:
"Sedekah itu menutup tujuh puluh pintu keburukan." (Ath-Thabrani)


Hadits yang lain adalah sabda Nabi Muhammad pada saat penduduk sedang panik karena terjadi gerhana matahari:

"Jika kalian mendapati hal itu, maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah kalian, laksanakan shalat dan bersedekahlah." (Bukhari no. 1044)


Sebaliknya tidak bersedekah dapat mendatangkan bencana bagi seorang hamba. Hadits yang menjelaskan hal tersebut adalah hadits dari Anas bin Malik:
"Bahwasanya Malaikat  Jibril berkata kepada Nabi Ya'Qub dari Allah, kenapa Aku (Allah) mencabut penglihatanmu, Aku bengkokkan punggungmu, dan saudara-saudara yusuf melakukan itu? Itu karena engkau menyembelih kambing, kemudian seorang miskin datang kepadamu sedangkan dia kelaparan, dan engkau tidak memberiknya sedikitpun." (Al-Mustadrak karya Al-Hakim 2/438 dan disetujui oleh Adz-Dzahabi)

Saya teringat sore sebelum pulang tadi hanya memasukkan beberapa rupiah untuk sedekah, bisa jadi, karena sedekah kecil saya itu yang menjadikan saya terhindar dari tabrakan beruntun...Wallahu a’lamu bishowab

Views: 253

Comment

You need to be a member of Trainer Laris to add comments!

Join Trainer Laris

Videos

  • Add Videos
  • View All

Badge

Loading…

© 2014   Created by Impian Berjamaah.

Badges  |  Report an Issue  |  Terms of Service